Rabu, 24 Agustus 2011

Utak Atik Ratio Gear box/Kharisma






Hanya ingin berbagi mengenai utak atik gear ratio..

banyak yang bilang gear ratio karisma typenya ga close, malah ada yang bilang gigi 4 karisma itu over drive sehingga sulit untuk mendapatkan top speed yang sebenerya.. Emang pendapat itu ga sepenuhnya salah, saya juga merasakan betapa sulitnya rpm naik di gigi 4, saya juga ga tau karena kalo menurut hitungan, semuanya fine" aja..

berikut adalah spek per gigian karisma.

Ratio gigi primer:
Rasio per gigi:
1st:2.5
2nd: 1.55
3rd: 1.15
4th: 0.923
rasio gear akhir: 14/36: 2.5

Dari data tersebut untuk memperoleh kecepatan maka di perlukan parameter untuk mengubah kecepatan sudut menjadi kecepatan linear.

maka kita perlu juga:
diameter velg : 17 inch
profil ban yang di pake saat ini: 90/80/17

untuk hasil perhitungannya silahkan liat di gambar berikut:


Dari tabel di atas dapat di lihat, bila Limiter rpm CDI bekerja pada 9000 Rpm maka, kecepatan maksimum tiap gigi yang dapat diraih adalah:
1st gear: 47 km/jam
2nd gear: 75 km/jam
3rd gear:101 km/jam
4 gear:126 km/jam

kemudian bila kita hitung kenaikan kecepatan tiap giginya:


Ini fakta!! bahwa ga ada yang salah dengan gigi rasio, kenaikkan kecepatan juga mengerucut, semakin tinggi percepatannya juga makin kecil...

tapi kenapa ya?? ko yang muncul di speedometer standar setelah kita geberrrr di gigi 4 paling pol juga hanya dapat 115Km/jam, ga lebih, kaya beraaaaat banget mesinya..
Ini dia kuncinya, Mesin ga cukup kuat untuk mengangkat Rpm mesin untuk cepat naik!!!
setelah kita tau ini, maka bisa disimpulkan untuk menaikkan topspeed sebaiknya memperbaiki tenaga mesin terlebih dahulu, sehingga membuat rpm cepat naik menuju limiter. Kalo misalnya di gigi 4 dah di hentikan oleh limiter, berarti: sudah saatnya ganti gear yang labih berat!!!

begitu teorinya...

2 komentar:

  1. Tapi punya saya dulu pernah liat di speedometer bisa sampai 120 km per jam dan masih bisa lebih lagi

    BalasHapus