Senin, 22 Agustus 2011

Mesin Susah Hidup Waktu Dingin?


Kata Tommy Bramantya, technical support yang mantan kepala instruktur Hartomo Mechanical Training Center (HMTC) Depok, Jabar, umumnya ada 3 item yang bisa menyebabkan hal itu. Yakni bahan bakar, kompresi dan pengapian. “Ketiga item ini adalah basic atau kunci dari motor bakar. Jika bahan bakar mengabut sempurna, kompresinya ideal dan pengapian bagus, dijamin mesin akan mudah hidup,” terangnya.

Keran bensin, baik model konvensional maupun vakum juga kudu rajin dibersihkan dari kotoran

Cek tekanan kompresi bagus atau tidak. Bisa dengan cara manual seperti ini

Gbr 5Pastikan saluran bensin dari tangki ke karburator, termasuk filter bensin

Lubang hawa ditutup tangki tersumbat bisa menyebabkan bensin ogah ngalir ke karburator

Tapi sebaliknya, lanjut Tommy, jika ada salah satu saja yang kerjanya tidak sempurna atau tidak berfungsi, bisa dipastikan mesin akan susah hidup atau bahkan enggak mau hidup sama sekali. “Paling sering terjadi pada kasus mesin susah hidup waktu kondisi dingin adalah permasalahan pada bahan bakar,” tambah Tommy.

Bisa dari karburator kotor atau banyak endapan yang menyebabkan penyempitan pada saluran pelepasan bahan bakarnya. Sehingga mengakibatkan proses pengabutan jadi kurang sempurna. “Biasanya kotoran dan endapan muncul dari bahan bakar yang kualitasnya jelek atau karena karburator jarang diservis (dibersihkan),” tukasnya. Tuh dengerin, jadi kalau isi bahan bakar sebaiknya ke SPBU terpecaya dan jangan malas servis motor ke bengkel ya!

Penyebab lainnya bisa juga karena aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat. Sehingga bensin tidak mengisi karburator dengan baik. Penyebabnya bisa dari tangki yang banyak kotoran/endapan, filter bensin kotor atau keran bensin bermasalah. “Lubang hawa pada tutup bensin tersumbat juga bisa menyebabkan bensin tak mau mengalir ke karbu,” jelas Tommy.

Bila pada sistem bahan bakar tidak ada masalah, Tommy menyarankan coba cek kompresi mesin. Dengan cara melepas busi terlebih dulu, lalu tempelkan jari ke lubang busi dan coba sela kick starter-nya. Bila tekanan dalam ruang bakar masih baik dan kuat, tandanya kompresi mesin masih bagus.

“Karena jika kompresinya sampai turun, jelas akan membuat mesin jadi susah hidup dan tenaga drop. Turunnya kompresi bisa disebabkan klep bocor, setelan klep tidak tepat atau paking kepala silinder bocor,” urai pria jangkung murah senyum ini.

Nah, langkah berikutnya jika kedua item tadi fine-fine saja adalah memeriksa pengapian. Tapi untuk item ini, kita akan bahas tersendiri di edisi mendatang ya.

Penulis : Dic | Teks Editor : AZ | Foto : Andhika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar