Rabu, 24 Agustus 2011

Usir suara berisik gir rasio Mio


Gambar 1

Gbr 1






Gambar 2

Gbr 2












Gambar 3

Gbr 3


















Gambar 4

Gbr 4







Kisah itu dialami Edi Sumaryo warga Cipondoh, Tangerang, Banten. "Iya waktu saya sedang enak jalan sama istri dan anak, tiba-tiba ada suara dari dalam CVT.



Bukan suara knalpot, tapi bunyinya setiap di atas kecepatan 60 km/jam," kata pria berambut putih ini.





Nah, gara-gara masalah itu Edi dan keluarganya batal JJS. Wah, kacau deh! Tapi biar enggak nyusahin terus, Yamaha Mio 115 cc keluaran 2008 itu digelandang ke bengkel Bonano Fiananda (BO) di Jl. KH. Maulana Hasanudin, Porisgaga Batu Ceper, Tangerang, Banten.





Di BO Edi bertemu Muhammad Nurdiansyah, mekanik BO. Dia menceritakan yang dialami pada besutannya.



Setelah Edi curhat sama pria ramah yang biasa disapa Aan itu, skutik yang katanya market leader itu pun langsung dibongkar.


Gambar 5

Gbr 5










Gambar 6

Gbr 6



















Setelah dicek and ricek, ternyata pemicu suara yang keluar dari dalam CVT adalah gigi rasio (gbr.1). "Memang kalo gigi rasio itu renggang antara primer dan skunder akan menimbulkan bunyi (gbr.2).



Karena antara gigi rasio dan primer terdapat satu ring besar, jadi kalau enggak rapat ring itu akan bergetar. Makanya kalo motor dalam keadaan kencang jangan direm mendadak, itu bisa membuat gigi rasio jadi abis alias ompong," jelas Aan.







Biar gak beli baru, solusinya dipres dan dilas kuningan. Penasaran kan, apa yang dilakukan Aan. Yuk kita lihat. Sebelum dibongkar, siapkan dulu perkakas yang diperlukan; T-8, tracker, kunci sok ukuran 24 dan kunci L-5.










Gambar 7

Gbr 7







Pertama buka 22 baut yang mengunci di bak CVT menggunakan kunci T-8 (gbr.3). Lalu lepas kopling sentrifugal dengan kunci sok 24 (gbr.4). "Jangan lupa pakai tracker biar gampang buka sentrifugalnya," tambahnya.



Setelah itu copot baut L penutup rasio sebanyak lima buah pakai kunci L-5 (gbr.5). Kalau sudah buka, rasionya dipres menggunakan alat catokan pres (gbr.6). "Biar rasio itu gak kambuh lagi maka harus dilas kuningan (gbr.7)," bilang pria ini sambil tersenyum.



Buat biayanya, cukup bayar Rp 50 ribu. "Itu sudah berikut ongkos pasang, lo," ucapnya. Hasilnya, skutik Edi sudah enggak 'sakit' lagi, deh.



Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar